Biografi Tokoh Idola

BIOGRAFI ABU BAKAR AS SIDIQ


abu-bakar-as-sidiq

 Abu Bakar As Sidiq adalah salah satu sahabat yang paling dekat dengan Rosullullah. Beliau adalah salah satu dari empat Khulafaurrasyidin atau kalifah pertama pengganti Nabi Muhammad SAW. Beliau juga termasuk dalam Assabiqunal Awwalun yaitu orang yang pertama kali masuk Islam.

Abu Bakar As Sidiq dilahirkan ditahun yang sama dengan Nabi yaitu antara 571/572 Masehi di Mekkah. Nama asli beliau adalah Abdullah ibni Abi Quhaafah. Abu Bakar berarti ‘ayah si gadis’, yaitu ayah dari Aisyah istri Nabi Muhammad SAW. Namanya yang sebenarnya adalah Abdul Ka’bah (artinya ‘hamba Ka’bah’), yang kemudian diubah oleh Rasulullah menjadi Abdullah (artinya ‘hamba Allah’).

Sumber lain menyebutkan namanya adalah Abdullah bin Abu Quhafah (Abu Quhafah adalah kunya atau nama panggilan ayahnya). Gelar As-Sidiq (yang dipercaya) diberikan Nabi Muhammad SAW sehingga ia lebih dikenal dengan nama Abu Bakar ash-Shiddiq. Menurut sejarah, gelar As Sidiq ini diberikan oleh Nabi karena Abu Bakar adalah sahabat pertama yang mempercayai dan mengimani peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad.

Abu Bakar adalah seorang saudagar yang cuup sukses dan kaya raya. Beliau juga seorang hakim agung yang sangat populer di masanya serta memiliki pendidikan dan kedudukan yang tinggi di masyarakat. Keahlian Abu Bakar lainnya adalah bisa menafsirkan mimpi. Ibaratnya adalah Abu Bakar itu seorang bangsawan dan konglomerat.

Masuk Islam

Ketika Islam baru pertama kali disampaikan, banyak pemeluk Islam adalah berasal dari orang yang tertindas , budak, kaum marjinal, serta anak-anak muda yang menginginkan keadilan dimana Islam bakal memberi jawaban tentang itu. Namun Abu Bakar dengan kedudukan dan pengaruh yang seperti itu dimasyarakat memutuskan bergabung dengan barisan Islam adalah suatu magnet tersendiri bagi Islam. Banyak yang akhirnya memeluk Islam bersama Abu Bakar.

Walau ia berasal dari golongan kuat, namun Abu Bakar juga mengalami hal yang tak mengenakkan seperti pemeluk Islam awalan lainnya. Seperti intimidasi, dipaksa untuk kembali ke jaran jahiliyah, pemboikotan dagang, fitnahan dan lain sebagainya. Walau begitu, Abu Bakar tetap kuat dalam iman Islamnya bahkan beliau juga mengorbankan seluruh hartanya untuk perjuangan Islam. Abu Bakar juga telah memerdekakan banyak budak Islam yang disiksa oleh majikannya.

Abu Bakar adalah satu-satunya teman Nabi saat berhijrah ke Madinah pada 622 Masehi. Beliau bersama Nabi berdua menyisiri tandusnya gurun Arabia guna berhijrah ke Madinah. Beliau juga melindungi Nabi saat berhijrah dan dikejar-kejar oleh kafir Quraisy.

BIOGRAFI WS.RENDRA

ws-rendra

Rendra, nama yang sudah tidak asing lagi dikalangan penyair Indonesia masa kini. Namanya memang seakan abadi dalam balutan karya-karyanya yang anti-mainstream kala itu. Sekarang, mari kita sedikit lebih mengenal Rendra dan karya-karyanya melalui biografi singkat yang kami sadur dari buku Mempertimbangkan Tradisi yang merupakan kumpulan opini dari Rendra di media massa.

Rendra, lahir 7 November 1935 di Solo, Jawa Tengah. Pernah kuliah di Jurusan Sastra Barat Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada (tidak tamat), kemudian memperdalam pengetahuan di American Academy Of Dramatical Arts, AS (1964-67). Sepulang dari Amerika Serikat membentuk Bengkel Teater di Yogyakarta dan sekaligus menjadi pimpinannya. Tahun 1954 ia mengikuti Seminar Sastra di Universitas Harvard, AS, dan tahun 1971 dan 1979 mengikuti Festival Penyair Internasional di Rotterdam, Belanda.

Dramanya, Orang-orang di Tikungan Jalan, memperoleh Hadiah Pertama Sayembara Drama Bagian Kesenian Kementerian P dan K Yogyakarta tahun 1954. Tahun 1956 cerpennya mendapat hadiah dari majalah Kisah. Tahun 1957 memperoleh Hadiah Sastra Nasional BMKN untuk kumpulan sajaknya, Ballada Orang-orang Tercinta (1957). Tahun 1968 sajak-sajaknya memperoleh hadiah dari majalah Horison,Dan tahun 1976 mendapat Hadiah Pertama dari Yayasan Buku Utama Departemen P dan K untuk bukunya, Tentang Bermain Drama (1976). Tahun 1970 Rendra menerima Anugerah Seni dari Pemerintah RI dan tahun 1975 memperoleh Hadiah Akademi Jakarta.

Karya-karyanya yang lain: Empat Kumpulan Sajak (1961, 1978), Ia Sudah Bertualang (1963), Blue Untuk Bonnie (1971), Sajak-sajak Sepatu Tua (1972), dan Potret Pembangungan dalam Puisi (1980). Sajak-sajaknya banyak diterjemahkan ke bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Prancis, Jepang, Rusia, dan lain-lain. Di samping itu, Rendra juga banyak menerjemahkan drama ke bahasa Indonesia, antara lain karya Sofokles: Oidipus Sang Raja (1976), Oidipus di Kolonus (1976), dan  Antigone (1976).Nantikan beberapa karya Rendra yang membuatnya namanya tersohor di sastranesia.com.

BIOGRAFI WIDJI THUKUL

Image result for wiji thukul

Bagi generasi pecinta sastra zaman sekarang, adalah sebuah aib apabila tidak mengetahui Widji Thukul. Widji Thukul yang memiliki nama asli Widji Widodo ini adalah seorang legenda dalam dunia sastra. Terutama, sastra sebagai alat perjuangan bangsa.

Karya-karyanya menghentak, memanaskan telinga penguasa saat itu. Puisinya menyadarkan jiwa yang takut karena penindasan yang berlarut, mengajak para proletar untuk bangkit bersama. Suaranya menggema, menembus zaman, tanpa badan.

Dia adalah aktivis yang termasuk dalam peristiwa hilangnya para aktivis dalam peristiwa 27 Juli 1998. Dia hilang bersama belasan pejuang lainnya. Sampai sekarang, kita tidak pernah tahu, apa yang sebenarnya terjadi pada penyair tanpa rasa takut ini.

Thukul (begitu sapaan akrabnya) bukanlah seorang kaya raya yang hidup penuh kemewahan. Dia hidup dalam keadaan yang serba sulit. Dia pernah mengamen puisi, berjualan koran, menjadi calo tiket bioskop, dan menjadi tukang pelitur di sebuah usaha mebel.

Namun, kemelaratan tidak serta-merta membelenggu hasratnya untuk melakukan perlawanan. Sebaliknya, dia semakin berapi-api untuk menuntut keadilan. Dia beberapa kali memimpin aksi massa untuk menyuarakan suaranya. Dia pernah ikut demonstrasi menentang pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Sariwarna, sebuah perusahaan tekstil asli Solo. Dia juga pernah memimpin aksi petani di Ngawi, yang kemudian berbuntut pada aksi pemukulan terhadap dirinya oleh aparat. Tidak hanya itu, Thukul juga harus mengalami luka parah di mata kanannya, karena dihajar oleh aparat ketika memprotes PT Sritex bersama para karyawannya.

Semua kekerasan yang dialamatkan padanya, tidak lantas membuat Thukul menyerah. Dia terus melakukan perlawanan. Aksi protes, puisi kritik, dan karya-karya berani terus dia keluarkan. Hingga akhirnya, pada 27 Juli 1998, dia hilang dan tidak ditemukan sampai sekarang.

Jasadnya boleh hilang. Wujudnya boleh jadi tinggal sepotong foto dengan mata kanan yang terluka. Namun, semangatnya masih terus hidup bersama para sastrawan masa kini. Di zamannya, dia telah melakukan hal-hal besar yang seharusnya dilakukan oleh sastrawan kritis. Puisinya bukan melulu soal cinta yang menentramkan. Bukan pula soal Tuhan dan segala pertanyaan tentangNya. Puisinya adalah lambang perlawanan, keberanian, dan semangat untuk tidak tinggal diam dalam cengkeraman tirani.

Kini, Widji Thukul sudah hanya tinggal nama dan karya. Namun, mari kita jaga terus semangat yang dia tularkan lewat karya-karya heroiknya.

BIOGRAFI  MORRISEY

Image result for MORRISSEY

Morrissey adalah penyanyi yang terbilang gaek asal Inggris. Sebelum bersolo karier, penyanyi yang memiliki nama lengkap Steven Patrick Morrissey ini adalah pentolan band legendaris, The Smith. Morrissey bersama-sama dengan pentolan yang lain, Johnny Marr, Andy Rourke, dan Mike Joyce, sejak tahun 1982 telah sama-sama sukses membesarkan The Smith di Manchester, Inggris.

Morrissey lahir di Manchester, Inggris, 22 Mei 1959. Orangtuanya merupakan Imigran dari Irlandia. Beberapa bulan sebelum kelahiran, orangtua Morrissey; Peter dan ELizabeth Morrissey pindah ke Inggris. Lahir dan besar di daerah kelas pekerja Stretford, Manchester, Inggris. Morrissey memiliki ketertarikan yang luar biasa kuat seperti hal ibunya, pada bidang kepustakaan.

Meninggalkan bangku sekolah merupakan spekulasi awal yang dilakukan Morrissey. Selanjutnya, dia lebih memilih bekerja pada Inland Revenue. Di sinilah Morrissey mulai fokus pada dunia menulis dan mengamati musik.

Karya-karya Shelagh Delaney banyak memengaruhi Morrissey dalam bermusik dan menulis. Banyak karya tulis yang dijadikannya sebagai materi lagu untuk TheSmiths. Dua buah kreatifitas berhasil diwujudkannya, sebuah novel yang melibatkan tokoh yang diidolakannya, James Dean, “James Dean Is Not Dead”. Karyanya yang lain adalah sebuah fanzine yang bernama sederhana, “The New York Dolls”. Dari sinilah Morrissey mulai dikenal sebagai seorang pengamat musik muda yang diperhitungkan.

BIOGRAFI JIMI M

Image result for JIMI MULTHAZAM

Lahir di Jakarta, bulan Januari. Tanggal 11. Tepat 4 hari sebelum peristiwa Malari melanda. Pada sebuah bidan di bilangan Kampung Melayu. Bernama Aini. Jimi lebih dulu mahir menggambar di banding membaca. Menderita step ketika balita. Hingga akhirnya tumbuh menjadi anak penghayal.

Sejak sekolah dasar mulai gemar menulis. Dan menggandrungi The Police sebagai lagu pertama yang di minati. Berlanjut ke Duran-Duran hingga Michael Jackson. Tapi entah kenapa sejak saat itu kuping kecilnya telah jengah mendengar musik seperti Toto. Dan Jimi pun mulai tidak bisa lepas dari musik. Terkena trend New Wave yang melanda, naik kelas ke Rolling Stones, masuk Led Zeppelin berkelok di Deep Purple, akhirnya memasuki gerbang ke Heavy Metal ketika beranjak remaja. Semakin kencang, Thrash Metal. Belok ke Crossover. Menukik ke Hard Core. Menemukan Roots Punk Rock. Dan tak di pungkiri akhirnya kembali ke asal muasal dari semuanya. Rock N Roll dan Folklah bentuk yang paling mewakili karakternya. Beragam warna pun masuk tak terbendung. Aneka rupa faham pun merayu.

Namun keberaniannya bermusik baru tumbuh ketika  SMA. Saat itu dia di beri pinjam kaset The Dehumanizer oleh temannya ketika upaca bendera. Saat itu juga wahana gagasannya terbuka. Dengan kemampuan bermusik seadanyapun ternyata manusia bisa menciptakan musik yang cemerlang. Tahun 1992 Jimi membentuk band pertamanya dan mulai menggubah lagu. Berbagai macam band pun sempat di singgahi ( perjalanannya dapat di simak di sini )

Tahun 1995 masuk Seni Rupa IKJ. Dari sinilah semua hal di pelajarinya. Hingga Jimi menemukan suatu titik pencapaian bahwa untuk mencurahkan gagasan, media apa saja bisa di gunakan. Tak terbatas pada Rupa, Bunyi ataupun Tulisan.

Tahun 1997 mulai bergabung dengan band Bequiet. Band yang merilis album bernuansa Hardcore/Punk/Ska, sebagai drummer. Namun ketidak puasan dengan hasil rekaman album kedua, Jimi mencoba  hal baru dengan membuat band baru dan mengisi departemen vokal. Try and Error, dari Bequiet, menciptakan Morvoids, lalu Jimi And The Playboys, dan akhirnya menemukan partner yang ajaib di The Upstairs pada tahun 2001.

8 tahun berlalu dengan The Upstairs. Manis, getir hingga badai melanda. Akhirnya Jimi Membentuk Morfem dengan kawan-kawan barunya. Melakukan hal yang lebih berlawanan lagi dari kebiasaannya. Berusaha keluar dari ruang yang semakin membatasi geraknya. Di tahun ke 9 The Upstairs Jimi justru melepas album baru bersama Morfem. Babak barupun telah di mulai.

Hingga kini Jimi Multhazam, adalah orang yang menggunakan media apa saja untuk menyampaikan gagasannya.

Alasan

alasan saya mengidolakan tokoh tersebut karena bisa menginspirasi dan menginflunce kita dalam berkarya, dan tokoh tersebut mempunyai karakter masing-masing dalam berkepribadian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s